• +08123070905
  • sehatfood21@gmail.com

Manajemen Diri Bagi Penderita Diabetes Mellitus

Mengelola Pola Makan untuk Diabetes Mellitus

Manajemen Diri Bagi Penderita Diabetes Mellitus

“Manajemen Diri Bagi Penderita Diabetes Mellitus”

Pernahkah Anda merasa sudah berusaha mengontrol pola makan, namun di satu titik sering kehilangan kontrol atau terkadang merasa bosan? Jika iya, Anda membutuhkan sesuatu yang disebut Manajemen Diri agar konsisten melakukan sesuatu sesuai niat untuk mencapai hal yang dibutuhkan; mempertahankan gula darah; dan terus menerus bergairah untuk mencapai perilaku hidup sehat.

Manajemen Diri adalah sebuah usaha individu dengan menggunakan teknik (secara otomatis dapat menyembuhkan Anda) yang akan diberikan sebagai intervensi untuk mengendalikan dan mengarahkan diri, serta mendukung perubahan perilaku menuju pola hidup sehat setelah terdiagnosa Diabetes Mellitus.

Komponen Manajemen Diri – Menurut Roy, Voh & Tice
Kemampuan mengontrol pikiran

Caranya dengan memperbaiki kemampuan dalam berkonsentrasi. Adanya hubungan kuat antara pikiran, sikap, dan emosi dengan kesehatan mental dan fisik membuat sangat penting untuk menciptakan pemikiran yang konstruktif. Pemikiran yang konstruktif dan positif akan memberikan efek yang positif untuk tumbuh dan emosi. Kemampuan mengontrol pikiran dapat dilatih dengan yoga, atau membuat pola pikir yang baru terutama tentang mengenal makanan yang baik untuk tubuh, tetap tenang di saat ada masalah dan fokus pada tujuan mengontrol kadar gula dalam darah yang disertai aksi yang tepat.

Mood Management

Hal ini terkait dengan mengontrol perasaan. Pada umumnya, penderita diabetes sering mengalami perubahan mood, terutama terkait dengan treatment yang dijalani sehingga penderita diabetes harus menjaga emosi karena dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Ada tiga macam sumber stres :
  1. Stesor fisik, meliputi adanya kelelahan atau kehabisan energi.
  2. Stesor mental dan emosi, meliputi adanya perasaan khawatir dan cemas akan penyakit yang diderita, tekanan di tempat kerja, serta bertemu dengan orang yang tidak diharapkan.
  3. Stesor lingkungan, meliputi udara yang panas, berisik, lingkugan yang penuh asap rokok. Untuk mengatasinya, perlu mengidentifikasi dahulu situasi apa yang memicu perubahan mood atau stres, kemudian memberikan pengertian baru pada pikiran sehingga dapat mempengaruhi perasaan atau mood. Hal ini dapat disertai dengan relaksasi.
Mengatasi hal-hal implus yang tidak inginkan terkait dengan kontrol perilaku

Perilaku yang perlu dimanajemen antara lain adalah makan dengan sehat, aktivitas fisik, penanganan stres yang baik (coping), serta melakukan pengobatan medis sesuai yang disarankan.

Demikian uraian singkat Manajemen Diri Bagi Penderita Diabetes Mellitus. Semoga bermanfaat.

__________________________________

SehatFood.com

Kue Manis Legit Untuk Diabetes

sehat semua

Leave a Reply